Selasa, 24 Maret 2015

LINGGA DAN YONI DI TEMPAT WISATA ALAM BUKIT CINTA RAWA PENING

 MINGGU,14 MARET 2015

LINGGA YONI BUKIT CINTA

 di lokasi bukit cinta lingga dan (mungkin) yoni berada 
Bukit Cinta (sebelum diberikan nama) merupakan sebuah tempat tinggi yang dimanfaatkan oleh Pemerintahan Kolonial Belanda sebagai Gardu Pemantau Pertumbuhan Enceng Gondog yang ada terhampar di Rawa Pening. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan enceng gundog karena keberadaan pembangkit listrik tenaga air yang dikembangkan di Rawa Pening oleh kolonial Belanda. Tetapi setelah Indonesia merdeka dan pada tahun 1975, Gardu Pemantau Pertumbuhan Enceng Gondog ini di kembangkan oleh pemerintah Indonesia, tepatnya pemerintah daerah kabupaten Ungaran untuk menjadi Gardu Pemandangan Alam Rawa Pening. Tetapi pengembangan tersebut mulai dikenal dan dapat dinikmati oleh masyarakat umum sejak tahun 1983. Luas area pengembangan tempat wisata Bukit Cinta tidak lebih dari 2 hektar dan di kelola secara langsung oleh pememerintah daerah kabupaten Semarang. Pengembangan sampai dengan sekarang (tahun 2013 akhir) pun terus dilakukan untuk memberikan fasilitas yang memadahi bagi pengunjung tempat ini. - See more at: http://potensijateng.com/newface/bukit-cinta-pesona-indah-dan-mitos-cinta/#sthash.Wbg2UwIw.dpuf
Lokasi : desa rowoboni kec banyubiru kab semarang
Religion : tidak diketahui

Bukit cinta memang sungguh nyaman bagi yang suka akan wisata alam nan indah dan tidak mau repot,karena bukit cinta ini terletak di antara jalan banyubiru-tuntang,berada tidak jauh dari jalan raya tersebut.Bagi warga Semarang dan sekitarnya tentunya tidak asing lagi dengan nama bukit cinta ini,bahkan bisa dibilang sudah pernah berkunjung disini,,banyak yang bisa dinikmati di area bukit cinta ini...dari sekedar duduk santai sampai keliling rawa naik perahu yang telah disediakan di area ini.

 jalan lingkar ambarawa
Untuk rute perjalanan dari arah Semarang sampai dipertigaan Bawen ambil jalan ke kanan,lurus ikuti saja sampai tiba di perempatan lampu merah ambil jalan ke kiri yaitu jalan lingkar Ambarawa lurus saja sampai melewati tempat Wisata Apung Kampung Rawa,lurus sampai tiba di perempatan lampu merah lagi ambil jalan ke kiri yang menuju ke Banyubiru Rawapening,ikuti jalan tersebut dan situs lingga yoni ini berada di sebuah bukit di tepian rawa pening yaitu Bukit Cinta namanya.

gerbang depan bukit cinta

arca yg berada di sisi kanan dari gerbang masuk

salahsatu sudut wisata bukit cinta 

arca dwarapala di sisi kanan gerbang masuk
salah satu sudut gerbang bukit cinta

papan penunjuk loket

papan penunjuk dermaga rawapening
Memasuki tempat ini, saya melihat ada sebuah pondok kecil yang bertuliskan ‘Petilasan Ki Godho Pameling’ tampak ada sesaji yang tergeletak disini. Ternyata dulunya, Rawa Pening ini adalah tempat petilasan. Bukit Cinta Rawa Pening juga dilengkapi dengan taman bermain serta tempat parkir yang memadai. Pengunjung dapat melakukan aktivitas memancing di sekitar Rawa Pening. Kawasan ini berpotensi dimanfaatkan sebagai olahraga air misalnya dayung, ski air, ataupun parasailing.
sebuah lingga dan yoni di petilasan ki godho pameling

renovasi tahun 2001

di depan pendopo situs bukit cinta rawapening

masih sering digunakan ritual

lingga dan yoni

beberapa umpak batu

telah terdata  banyubiru03

di dalam sebuah pendopo



dari kejauhan

bangunan yang mangkrak

dermaga kapal motor

rawapening di potret dari bukit cinta

harga tiket : Rp 7500/hari besar.minggu
parkir: Rp 2000 motor
Rp 4000 mobil
berhubung tujuan saya ingin mengunjungi situs batu lingga dan yoni di bukit cinta maka hal yang saya lakukan terbatas di bukit cinta yaitu di petilasan ki godho pameling saja dan sedikit jalan mengelilingi taman,berharap ada batuan situs lainnya,,,hehe
untuk ke dermaga atau masuk patung naga tidak saya coba....
bagi yang ingin santai dan menikmati ketenangan sungguh tepat lokasi bukit cinta ini.
dan waktu telah cukup saya rasa,akhirnya saya cabut menuju situs selanjutnya yaitu situs di dusun cebur kec tuntang...
terimakasih atas kunjungannya salam budaya salam blusukan situs dan candi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar