Senin, 23 Maret 2015

SITUS DI DUSUN CEBUR DESA KALIBEJI KEC TUNTANG KAB SEMARANG

SITUS DI DESA KALIBEJI TUNTANG
 

Lokasi : dusun cebur desa kalibeji kec tuntang kab semarang

Yoni adalah pasangan dari lingga
Yoni (Sanskerta: योिन; yoni) adalah kata yang mempunyai arti bagian/tempat (kandungan) untuk melahirkan. Kata ini mempunyai banyak arti, di antaranya adalah sumber, asal, sarang, rumah, tempat duduk, kandang, tempat istirahat, tempat penampungan air, dan lain-lain. Dalam buku Kama Sutra dan dalam kaitannya dengan batu candi, yoni berarti pasangan lingga yang merupakan simbol dari alat kelamin wanita. Pasangan lingam-yoni dalam arti ini juga dikenal pada situs sejarah warisan dunia Mohenjo-daro di Pakistan. Yoni merupakan sebuah objek cekung atau berlubang, yang melambangkan kemaluan wanita (vagina). Objek ini merupakan lambang kesuburan. Di beberapa daerah di Indonesia yoni disebut juga lesung batu karena menyerupai sebuah lesung yang terbuat dari batu.

 yoni cebur atau watu gentong

situs kalibeji ini hanya tertinggal beberapa batu kemuncak candi dan sebuah yoni.ukuran yoni cukup besar dan terlihat utuh meski ada di salah satu sisi telah aus karena sesuatu gosokan dari benda tajam semacam besi.secara keseluruhan cukup sempurna.Dan situs ini telah terinventarisasi oleh pemerintah kota dan kabupaten.
sudah di data

 hiasan naga dibawah cerat yoni

sebuah yoni tidak terlepas dengan bagian bagian yang menjadi ciri kasnya.termasuk bentuk dan hiasan yang menyertainya.umumnya yoni berbentuk persegi atau kotak dengan sebuah lubang yang ada di tengah yang fungsi lubang tersebut untuk menaruh sebuah lingga yang merupakan pasangan yoni tersebut.dan untuk hiasan ata ukirannya biasanya cuma pelipit garis garis saja,naga dan kura kura umumnya ada di bawah cerat yoni dan cerat ini berfungsi sebagai aliran air basuhan dari lingga.


 cerat yoni

naga menyangga kura2
 Sering pula wujud naga dipahat di bawah cerat yoni karena yoni selalu dipahat menonjol keluar dari bingkai bujur sangar sehingga perlu penyangga di bawahnya. Fungsi naga pada bangunan candi atau pada yoni tampaknya erat kaitannya dengan tugas penjagaan atau perlindungan terhadap sebuah bangunan.


keberadaan atap melindungi situs

beberapa kemuncak candi
Bagian batuan candi ini diperkirakan sebuah kemuncak dari sebuah candi.

telah terdata tuntang 25

 batu kemuncak yg telah aus

 pasal undang2 cagar budaya

umpak batu dengan lubang kecil


 di situs kalibeji
 Selain yoni dan batuan kemuncak candi,sebenarnya masih ada batuan candi yang ada di sebuah makam yang tidak jauh dari situs watu gentong ini.berhubung waktu sudah menjelang sore dan ada tujuan blusukan di desa candirejo,maka saya tunda untuk ke situs makam buat agenda blusukan selanjutnya.

terimakasih atas kunjungannya salam budaya salam nyitus n nyandi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar