Sabtu, 14 Maret 2015

SITUS CANDIREJO

SITUS CANDIREJO

saya di situs candi bubrah desa candirejo

Lokasi : dusun krajan desa candirejo kec.pringapus kab.semarang
Religion : hindu

Blusukan kali ini memang terasa banget feel mblusuknya.Berpedoman sebuah informasi kecil tahun 2013 yang ada di sebuah surat kabar terkemuka.Tertarik dengan keberadaannya yang menurut saya belum pernah dengar lokasi keberadaan situs Candi Bubrah di desa Candirejo Kecamatan Pringapus ini.
Tepat hari Minggu 1 Maret 2015 menjadi target blusukan dengan tujuan situs Candi Bubrah tersebut.Sebenarnya Candi Bubrah ini menjadi lokasi tujuan terakhir dari blusukan setelah Situs Arca Wisnu dan Situs Wonorejo di wilayah kecamatan Pringapus.

situs candi bubrah

Candi Bubrah ini mengapa disebut demikian karena candi ini ditemukan dengan kondisi tidak utuh dan berantakan bahasa jawanya bubrah=bubar atau berantakan.akhirnya penduduk setempat menamakan candi bubrah.Mungkin memang benar adanya saat ditemukan hampir semua situs atau candi sudah berantakan,tinggal bagaimana pelaksanaan selanjutnya ingin di pugar atau tetap dibiarkan saja,bila di pugar tentunya menjadi lebih bagus karena merupakan aset budaya yang tidak ternilai harganya.Dan bila di biarkan maka seperti inilah candi bubrah salah satu contoh yang di biarkan saja dan hanya di pasang plakat keterangan pasal UU cagar budaya.sudah aman dengan adanya papan UU cagar budaya tersebut.

undang undang cagar budaya 

struktur batuan candi yang ditemukan

Batuan struktur candi ini merupakan pindahan dari lokasi asli yang berada di sebuah tebing yang tidak jauh dari tempat pindahan kira2 100 meter dari lokasi sekarang.Di tebing itu konon masih banyak batuan struktur candi,sayang saya belum sempat mblusuki kesana mungkin kalau ada kesempatan lagi akan saya perbarui lagi postingannya.
sudah terdata PRI 05 oleh dinas terkait


 
 
 salah satu bagian struktur atap candi

Pahatan ukiran masih sederhana berbentuk garis lurus lurus tegak mengerucut keatas..hampir mirip dengan di candi ke 8 dan 9 candi gedong songo di Bandungan.Mungkin masih satu generasi dulunya mengingat pahatan ukiran hampir sama.selain di bandungan ada satu batuan candi yang mirip dengan situs candirejo dan candi ke 8 dan 9 candi gedong songo yaitu situs kebontaman kecamatan ungaran timur kab semarang. berikut saya lampirkan satu persatu untuk perbandingan..

 gambar 1
 candi bubrah desa candirejo kec pringapus kab.semarang

gambar 2
candi ke 9 dari candi gedong songo

gambar 3
situs kebontaman ungaran timur

dari ketiga batuan struktur candi yang ada di dalam gambar di atas tersebut ada satu persamaan pada hiasan pahatan batuannya yang membentuk pola atau motif yang sama...entah motif ini namanya apa,setahu saya motifnya garis kotak lurus...mungkin ini satu generasi pada masanya.

 Rute situs : dari jalan raya semarang solo ..masuk jalan ke kiri di samping pos polisi karang jati 
                    masuk terus ikuti jalan menuju desa wonorejo,setelah sampai di desa wonorejo lanjutkan kembali perjalanan menuju desa candisari.Dari desa ini bisa bertanya ke warga  lokasi candi bubrah berada.

Candi Bubrah ini berada di tengah hutan sebuah dusun yaitu dusun krajan.Aneh dengan nama dusun atau desa yang memakai nama krajan bisa dipastikan dulunya ada sebuah candi di wilayah tersebut,contohnya di dusun krajan desa candirejo kec ungaran barat kab semarang.dusun krajan desa candirejo kec.pringapus kab semarang..sama untuk nama dusun dan nama desanya.
mungkin nama krajan hasil dari metamorfosis kata untuk penyebutan kerajaan,orang orang atau masyarakat jawa khususnya di wilayah jawa tengah memakai atau menyebut sesuatu diambil gampangnya saja supaya mudah diingat...kerajaan di singkat krajan.ini pendapat pribadi saya sendiri...hehe
wilayah desa wonorejo menuju desa candirejo

jalan raya desa wonorejo-candirejo

gapura masuk wilayah desa candirejo

jalan dusun menuju situs

berbincang dengan warga


jalan menuju situs



melewati hutan jati perhutani
saat beristirahat di hutan jati ini untuk melepas lelah dan dahaga,ada sebuah batuan candi yang berada di dekat sebuah pohon jati.saya amati memang benar batuan ini bagian struktur bangunan candi.
batuan struktur bangunan candi

sebuah pohon jati tua yang sudah mati menaungi situs

situs candirejo

struktur batuan candi

batuan candi yang telah ditata

situs candi bubrah

Sebenarnya lokasi ini lokasi pindahan dari lokasi asli namun lokasi aslinya saya tidak menemukannya setelah mencarinya mungkin di kesempatan lain saya akan mencarinya kembali.


semoga tetap lestari





Tidak ada komentar:

Posting Komentar