Minggu, 19 April 2015

CANDI ARGOSUMO

CANDI ARGOSUMO

 candi argosumo
Lokasi: Nglimut,Gonoharjo,Boja,Kab.Kendal
Religion: Hindu

Pemandian Air Panas Gonoharjo berada di Desa Nglimut, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Mungkin masih asing di telinga kita. Padahal, objek wisata yang dikelola pemerintah daerah ini menawarkan keindahan alam yang menyejukkan hati. Di antaranya, kolam pemandian air panas, air terjun, serta udara segar pegunungan.
Letak Pemandian Air Panas Gonoharjo berada di utara kaki Gunung Ungaran, kira-kira 10 kilometer dari ibukota Kecamatan Limbangan. Tempat ini cukup sulit dijangkau bila tak menggunakan kendaraan pribadi. Angkutan umum pedesaan sangat jarang lewat.
Sebagai objek wisata, Gonoharjo baru diresmikan pada 21 Februari 2008. Meski demikian, sebelum peresmiannya pun, banyak orang — terutama kawula muda — yang menjadikan Gonoharjo sebagai tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan.
Anda dapat menikmati berbagai fasilitas di Gonoharjo dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 8 ribu dan tarif parkir Rp 2000. Kolam pemandian air panas yang ditawarkan sebagai wahana utama di Gonoharjo terletak sekitar 700 meter dari pintu masuk. Kolam ini menampung air panas yang memancar dari sumber yang tak jauh dari kolam. Penduduk sekitar menyebut sumber tersebut dengan nama Margotopo I.Yang menarik saya di tempat ini selain disebutkan beberapa fasilitas penjelasan di atas adalah adanya bekas reruntuhan candi yang berupa batu batu yang tertumpuk di satu lokasi yang berada di antara 2 air terjun .......berikut hasil blusukan secara sopan saya di sebuah salah satu peninggalan kejayaan kebudayaan nusantara.....
gerbang masuk

jalur menuju tempat ini cukup mudah karena ada banyak papan petunjuk menuju lokasi dan tidak bnyak persimpangan maupun perempatan jalan,saat saya blusukan bulan april kemarin cuaca kurang mendukung hujan deras menemani sepanjang jalan,sempat mereda sesaat tiba di lokasi candi argosumo.beruntung tidak hujan,saya tidak menunggu lama untuk memanfaatkan kesempatan ini berbagi segelintir info tentang peninggalan kejayaan hasil budaya masa silam.


entah arca klasik atau  modern?

istirahat sebentar tentunya sekalian parkir kendaraan di lokasi parkir yang telah disediakan sambil mempersiapkan tenaga dan kamera..hehe yang lainnya tidak perlu.karena lokasi candi argosumo ada di lereng gunung yang bikin megap-megap......

 
 papan peringatan jam 4 sore harus out...


jalan tanah


 candi argosumo

beberapa batuan yang masih banyak tersebar di lokasi

ditata ulang secara sengaja
 
 
 sebuah arca ganesha yang belum sempurna jadi
beberapa sudut pengambilan gambar arca ganesha

 batuan candi yang berserakan di sepanjang jalan

tidak begitu jauh dengan candi argosumo ada sebuah bekas patirtaan kecil,di patirtaan ini terlihat batu penyusunnya seperti batuan candi,airnya yang mengalir kecil bersih dan segar..

di patirtaan candi argosumo

patirtaan kecil

 struktur batu penyusun patirtaan


Petirtaan adalah tempat pemandian suci yang sering di gunakan oleh kalangan istana kerajaan.atau tempat bersuci sebelum beribadah atau rirual di tempat suci pada masanya.

selepas di candi argosumo sobat bisa mencoba sekedar bermain air di salah satu air terjun yang tidak jauh dari lokasi candi argosumo.cukup menyegarkan sekedar membasuh muka ....
 air terjun nglimut gonoharjo

 
pemandian air hangat gonoharjo

untuk pemandian air hangat saya tidak mencoba mungkin lain kesempatan saya coba,karena waktu sudah sore dan hampir gelap.akhirnya dengan rasa senang dan fresh ...melangkah pulang.

terimakasih atas kunjungannya salam budaya semoga tetap lestari

SELAMAT BLUSUKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar