Selasa, 17 Februari 2015

SITUS KALIKLOTHOK,DESA DOPLANG KEC.BAWEN KAB SEMARANG JAWA TENGAH

Minggu 25 Januari 2015

batu situs kaliklothok

Lokasi : Desa Doplang Kec.Bawen Kab Semarang
Religion : Hindu

berikut data yang menjelaskan keberadaan situs kaliklotok :
KALIKLOTOK (Doplang)
Administrative location:
Klotok, Doplang, Bawen, Semarang, Jawa Tengah

Geographical location:
07° 14' 06.1" S
110° 24' 15.0" E
Precision: 8m
Alt.: 585m

Surroundings:
In upper middle land, on the slope at the foot of gunung Kendalidoso. The rice field of the area are scattered with hot springs. The site is located at a spring called Reco, one of the sources watering kali Panjang.

Religion: Hindu.
Main features: Bathing place (?).
State of preservation: Scattered stones.

Description:
Within the spring called Reco are still visible several temple stones, among others two carved pediments (adorned with two birds looking to the centre of the pediment).
Krom and Verbeek thought the place could have been a temple or a bathing place (Verbeek 1891: 93; Krom 1914a: 173; 1923, I: 223).

Sculptures:
eśa have been discovered on this site (Verbeek 1891: 93; Krom 1914a: 173; 1923, I: 223).
#Two Gan


 saya dan hamparan sawah di sekitar situs

Blusukan di sendang klotok ini merupakan rangkaian blusukan seputar Ambarawa,dan lokasi situs klotok ini adalah tujuan yang tanpa sengaja dan tidak masuk daftar target blusukan.
arca ganesha,yoni gandekan,yoni kerep,yoni gayam dan yoni doplang.
Blusukan ini adalah blusukan ulang yang sebelumnya blusukan dengan mas bro sasadara manjer kawuryan karena hujan menghalangi untuk sesi pengambilan gambar saat blusukan sebelumnya...
situs klotok ini tanpa sengaja ketemu setelah mencari sebuah yoni yang terletak di sebuah tanah desa doplang.Kesana kemari tanya penduduk sekitar tentang yoni di tanah kas desa doplang,dan akhirnya ada seorang bapak yang memberikan info tentang yang saya tanyakan.Singkat kata langsung meluncur ke TKP.Ternyata tidak semudah untuk menemukannya,harus melewati persawahan dan lahan jagung dengan jalan tanah setapak dan licin.Tapi akhirnya ada kepuasan tersendiri setelah ketemu apa yang saya cari meski lain bentuk,yang saya cari yoni dan ini batu pahatan sepasang burung.

sawah kaliklotok

situs kaliklotok tertutup akar pohon

Situs kaliklotok ini berada di samping lumbung air yang berfungsi sebagai sumber air lahan persawahan yang ada disekitar.Saat tiba disini ada seorang bapak yang berendam di lumbung air,dan coba saya tanyakan tentang yoni,tidak tahu yoni dan berkata adanya cuma batu itu mas di samping pohon yang tumbang.Langsung saya dekati dan ternyata serasa berdebar memang ini batuan kuno peninggalan masa silam gumamku.


masih sering digunakan ritual

Di situs kaliklotok ini masih diunakan ritual ini ditandai dengan adanya anglo yang diletakkan di dekat batu situs kaliklotok.

ukiran sepasang burung di kaliklotok

Batu situs kaliklotok ini terpahat hiasan sepasang burung yang ditengahnya ada sebuah  hiasan tapi penglihatan saya kurang jelas.
hiasan burung ini tidak sekedar hiasan ada filosofi di dalam arti burung : jadilah seperti burung meski dapat terbang kemanapun dia suka tapi kalau makan dan minum pasti akan di daratan.artinya kita harus selalu ingat jangan sombong meski kita super bisa.

jalan yang harus dilalui....becek bro

jalan ke situs kali klotok ini memang cukup merepotkan dikala hujan.ekstra hati hati dan ekstra tenaga.tapi terasa indah dengan pemandangan sawah yang menemani di perjalanan.

sejarah : lokasi ini merupakan tempat pemandian kuno,beberapa batuan kuno juga masih berada di lokasi ini tetapi yang terlihat hanya satu yang lain terendam dalam lumbung air tersebut.
semoga kelak ada yang menemukannya.
demikian acara blusukan di situs kaliklotok terimakasih atas kunjungannya dan salam budaya.
terimakasih mas radito untuk filosofinya

semua gambar : maxtristcavalera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar