Jumat, 17 April 2015

ARCA GANESHA DI KAMPUNG WISATA TAMAN LELE SEMARANG


ARCA GANESHA


di arca ganesha kampung wisata taman lele semarang

loasi : area kampung wisata taman lele semarang
religion: tidak diketahui

..setelah mengunjungi Situs Tuguredjo yang lokasinya berada di samping bukit pemakaman..akhirnya sengaja beristirahat sejenak di tempat wisata yang tidak asing bagi warga semarang yaitu Kampung  Wisata Taman Lele.Kampung wisata taman lele ini memang cukup terkenal bagi masyarakat lokal..

Kampoeng Wisata Taman Lele terdapat danau buatan yang dikelilingi gazebo, sepeda air, kolam renang untuk anak, permainan anak, dan beberapa satwa peliharaaan , seperti merak, ular phyton, buaya dan berbagai jenis burung. Tempat ini cocok untuk persinggahan bagi mereka yang berkunjung ke Semarang melalui jalan darat atau jalur pantura ( Jakarta – Semarang ), karena lokasinya yang memang persis berada di jalur tersebut. Di tempat itui juga dilengkapi hotel dengan fasilitas TV, AC dengan harga terjangkau. Terletak di tepi jalan Raya Tugu kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda ke arah barat, dibuka setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Harga tanda masuk Rp 3.000 (April 2015)

Namun ada satu hal yang menarik buat saya tentang sebuah arca yang tanpa sengaja dan bukan termasuk tujuan awal berada di salah satu sudut dari kampung wisata taman lele tersebut.Yah... sebuah arca dari batu yang berbentuk manusia dan berkepala gajah sering disebut dengan Arca Ganesha.
 
sebuah gapura masuk kampung wisata taman lele

loket

 tarif hari biasa dan hari libur..




ada kolam renangnya...

Arca Ganesha ini memang berada di tempat yang tidak banyak dilalui dan dilirik kebanyakan orang.jadi kondisi di sekitar Arca Ganesha terkesan apa adanya.Sebetulnya sempat heran sesaat setelah ketemu dengan Arca Ganesha tersebut,darimana asalnya kok bisa sampai berada di tempat ini....sejenak berfikir dan mbayangke sambil bergumam ..kok bisa ya? ...ah...embuh ah..nanti coba saya tanyakan dengan petugas penjaganya.
dan ini hasil dari bidikan kamera sederhana saya,mohon maaf bila gambar kurang jelas...masih amatiran dengan foto2 dan gambar masih original tanpa edit...

Arca Ganesha
Ganesha adalah simbol Sang Hyang Widhi yang berkepalakan seekor gajah…diceritakan bahwa Ganesha adalah anak dari bhatara guru atau bhatara siva…Beliau merupakan lambang kecerdasan kebijaksanaan, lambang dewa yang mampu dipuja untuk menyelesaikan segala rintangan…ini dapat dilihat pada perlambangnya yang menggunakan simbol gajah sebagai binatang terbesar dan tanpa ada yang berani melawannya…
Ganesha sebagai artian filosofi dapat dilihat pada bagian ini :
Ganesha, sosok Dewa berbadan gemuk dan berkepala gajah ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Ganesha menjadi ikon/simbol lembaga-lembaga penting, sekolah-sekolah, atau pusat studi sebagai simbol ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.
Ganesha telah menjadi begitu populer, dan kepopulerannya tidak hanya pada kalangan Hindu, tetapi telah merambah dunia secara keseluruhan. Seluruh umat, dari Hindu, Islam, Kristen, hingga Budha melihat Ganesha sebagai sosok mahluk lucu dan unik.
Ganesha memiliki kepala yang besar dengan dua telinga besar dan mata yang sipit. Kepala besar melambangkan kita sebagai manusia seharusnya lebih banyak menggunakan akal daripada fisik dalam memecahkan masalah.
Sedangkan mata yang sipit berarti konsentrasi. Pikiran harus diarahkan ke hal-hal positif untuk memperbaiki daya nalar dan pengetahuan.
Ganesha juga memiliki dua telinga besar yang mengajarkan supaya kita mendengarkan orang lain lebih banyak. Kita selalu mendengar, tetapi jarang sekali kita mendengarkan orang lain dengan baik: “Dengarkan ucapan-ucapan yang membersihkan jiwa dan seraplah pengetahuan dengan telingamu.”
Ganesha mematahkan satu gadingnya untuk menggurat Kitab Suci di atas daun tal. Satu gading berarti kesatuan. Simbol ini menyarankan manusia hendaknya bersatu untuk satu tujuan mulia & suci.
Lantas, Ganesha juga memiliki mulut yang kecil dan hampir tidak kelihatan karena tertutup belalainya yang dengan rakus ”menghirup rasa” manisan susu ilmu di tangannya.
Mulut yang kecil itu mengajarkan agar kita mengontrol gerak mulut dan lidah. Maksudnya adalah bahwa kita harus mengurangi pembicaraan yang tidak-tidak. Sementara belalai yang menjulur melambangkan efisiensi dan adaptasi yang tinggi.
Beralih ke badan Ganesha yang besar:
Hal pertama yang kita lihat pastilah perutnya, karena perut itu memang buncit. Ganesha memang selalu dimanja oleh ibu Parvati, istri Siva sebagai anak kesayangan. Perut buncit melambangkan keseimbangan dalam menerima baik-buruknya gejolak dunia. Dunia diliputi oleh sesuatu yang berpasangan, yakni pasangan dua hal yang bertolak belakang. Ada senang, ada pula sedih. Ada siang, ada pula malam.
Ada wajah suram kesedihan di balik tawa riang kita. Dan sebaliknya, ada keriangan dan semangat dibalik kesenduan kita. Itulah hidup, dan kita harus menyadarinya.
Simbol Ganesha memegang sebilah kapak. Kapak berarti menumpas segala halangan dalam karya. Sementara itu, di tangan kiri Ganesha terdapat semangkuk manisan susu.
Terakhir, ada seekor tikus yang selalu berada di dekat Ganesha. Tikus, seperti sifat hewan aslinya, adalah hewan yang penuh nafsu mengigit. Ia memakan apa saja untuk memenuhi hasrat perutnya. Demikianlah tikus dijadikan lambang nafsu dalam figur Ganesha. Lalu mengapa tikus itu menjadi tunggangan Ganesha yang berbadan berat & tinggi ini?
Tikus, atau nafsu harus ditundukkan. Kita harus bisa menjadikan nafsu sebagai kendaraan sehingga kita dapat mengendalikannya, namun banyak manusia kini menjadi kendaraan dari nafsunya sendiri.


berada di sebuah gua buatan

air sendang

beberapa gambar arca ganesha

secara keseluruhan masih terlihat jelas ciri2 arca ganesha meski ada beberapa bagian arca telah aus karena cuaca dan usia.tapi masih terlihat jelas sisa sisa kejayaan arca ganesha ini dalam masanya.
setelah mencoba bertanya tentang asal usul dan sejarahnya Arca Ganesa ini dengan beberapa petugas jawabannya sama sudah berada sejak lama entah tahun berapa juga tidak tahu ....begitu jawaban para petugas memberi jawaban.

batuan di area arca ganesha
di lokasi ini juga terdapat beberapa satwa diantaranya burung merak yang kebetulan sekali pas mengembangkan sayapnya saat saya ambil gambar.....


beberapa satwa yang ada

suasana yang asri dan nyaman


masih terdapat pohon yang berusia tua 

 sebuah kandang yang entah isinya apa.....

maaf narsis sebentar di arca ganesha

bagi sobat sobat blusuker yang ingin berwisata dengan teman dan keluarga di tempat yang asri dan tenang tempat ini layak dicoba...dijamin tidak rugi.

terimakasih atas kunjungannya dan salam budaya semoga tetap lestari

SELAMAT BLUSUKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar