Rabu, 17 Desember 2014

CANDI BEDONO

Blusukan saya kali ini sebenarnya berkunjung ke Magelang dan sekitarnya khususnya candi yang ada di ds.sengi yaitu candi asu ,candi pendem dan candi lumbung.Perjalanan sudah saya tempuh dan telah sampai di daerah Bedono,Ambarawa Kab.Semarang.Sesampai di daerah bedono saya teringat disini pernah ada candi.Untuk lokasinya cukup mudah dan gampang.dari arah Semarang kiri jalan pas pasar tradisional bedono,sebelum spbu bedono.Tanpa sengaja waktu saya ingin menanyakan lokasi candi bedono,saya tepat berhenti di depan yoni candi tersebut,berhubung terhalang pagar situs saya tidak mengetahuinya.Suatu kebetulan saya bertanya bpk penjaga situs yaitu bpk.Hadi Sutrisno.Dan setelah berbincang sebentar akhirnya saya meminta ijin untuk mengabadikan situs bedono ini...segera saya langsung jeprat jepret...dan ini dokumentasinya.

Lokasi : ds bedono kec ambarawa kab semarang

Sebuah yoni yang masih tersisa dari candi bedono

batuan struktur candi yang telah dikumpulkan

Sebuah umpak batu dari bagian candi bedono
 
hiasan naga dan kura kura di bawah cerat yoni
 
 saya dan bp.hadi sutrisno perawat candi bedono


 saya dan sebuah yoni


 yoni dengan ukuran yang cukup besar


 reruntuhan batuan candi dikelilingi pagar tembok

Untuk menuju ke sana, jika dari Magelang, maka dapat mengikuti Jl. Magelang - Ambarawa.
Ikuti jalan hingga memasuki batas wilayah Kabupaten Semarang. Perbatasan ini ditandai dengan tanjakan yang diapit dua gapura besar. Setelah memasuki batas wilayah, Anda tiba di daerah Banaran (ada perkebunan kopi di kanan kirinya).
Ikuti jalan ke utara, hingga menemukan keramaian. Di situlah desa Bedono berada.
Anda akan menemukan satu-satunya pom bensin di sebelah kiri jalan. Tidak jauh dari pom bensin, dengan mengikuti jalan raya Anda akan menemukan pasar Bedono di kiri jalan. Di sisi pasar, ada sebuah jalan kecil. Anda cukup masuk ke situ. Kira-kira 100m, Anda akan menemukan lapangan sepak bola dan kantor desa Bedono. Di depan kantor itulah Situs Bedono berada.
Situs ini berada tidak jauh dari SMA Sedes Sapientiae Bedono. Situs Bedono terletak di desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Di situs ini, yang terlihat hanyalah tumpukan batu yang tidak dapat disusun, serta sebuah Yoni besar yang hingga kini masih digunakan untuk bermeditasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar