Rabu, 11 Februari 2015

SITUS CANDI KRAJAN DI CANDIREJO DESA KRAJAN KEC.UNGARAN BARAT KAB.SEMARANG JAWA TENGAH


situs candi krajan

 Lokasi : dusun Candirejo desa krajan kec ungaran barat kab semarang jawa tengah
Religion : Hindu

Blusukan kali ini saya lakukan pada 21 Desember 2015 hari minggu.Memang hari minggu waktu luang saya jadi hampir semua kegiatan blusukan saya lakukan di hari minggu,karena untuk hari biasa sibuk dengan pekerjaan.Lokasi target blusukan kali ini di situs krajan.Sebetulnya sudah lama mengetahui situs krajan ini dari seorang rekan yang tinggal di desa ini.Dan orangtuanya mantan lurah di desa ini.batuan candi dulu pernah dikumpulkan bersama warga di lokasi sekarang.dan masih banyak waktu masih menjabat sebagai lurah.Tapi sekarang yang tersisa hanya beberapa bagian candi,yaitu sebuah yoni dan sebuah arca nandi serta beberapa batuan yang ada di sekitar lokasi.

 yoni situs candi krajan
Yoni ini berukuran tidak terlalu besar bahkan bisa dibilang kecil untuk sebuah ukuran yoni bagian dari sebuah candi.yoni ini sederhana dengan tidak banyak hiasan ukiran di bagian yoni.

yoni dengan hiasan orang yang berkelebet
 Untuk hiasan di bawah cerat yoni ini terbilang aneh dan unik yang membuat saya penasaran,kok seperti ini hiasan ukiran di bagian bawah cerat yoni,terlihat pahatan yang berbentuk seseorang yang mengenakan kain kelebet yang sepertinya mau terbang dilihat dari posisinya,Entah tokoh siapa yang digambarkan ini,atau cuma simbol..

 Arca nandi

Disamping ada yoni juga di temukan sebuah arca nandi yang tanpa kepala entah patah atau sengaja di patahin.masih belum bisa dijelaskan.Ukuran arca nandi ini juga tidak begitu besar.

 bersandingan
posisi antara yoni dan arca nandi berdekatan atau bersanding.

 batuan situs candi krajan
di sekitar lokasi masih ada beberapa sisa batuan candi krajan ini yang kondisinya sudah rusak,aus dan berlumut di seluruh bagiannya,karena lokasi seperti tidak ada yang merawat,berada di pinggir desa dan di samping penampungan air pdam.



 yoni dan arca nandi

 sebuah yoni

 arca nandi

 telah terdata tapi memprihatinkan

 saya dan situs krajan

berada di pinggir desa

Meski hanya tinggal beberapa batuan candi yoni dan arca nandi,situs ini masih membuktikan bahwa dulu di desa krajan ini pernah berdiri sebuah bangunan suci candi yang cukup besar.
semoga untuk generasi penerus bisa melestarikan sisa sisa peninggalan hasil kebudayaan masa silam ini.
terimakasih atas kunjungannya dan salam budaya.
semua gambar : max trist cavalera



1 komentar: