Kamis, 09 April 2015

SITUS WONOREJO

SITUS WONOREJO

di situs wonorejo
 Lokasi :dusun mranak desa wonorejo kec.pringapus kab.semarang
Religion : hindu

Blusukan kali ini berada di kabupaten Semarang,kabupaten semarang memang banyak sekali situs situs peninggalan sejarah masa silam,hampir semua kecamatan memiliki peninggalan purbakala.salah satunya situs wonorejo ini.Berbekal dari rekan komunitas yang telah mblusukan di situs ini,dan tak mau ketinggalan akhirnya mencoba menyusul blusukan di situs wonorejo tersebut,berikut hasil blusukan saya dalam bentuk gambar sederhana dan coretan kecil.

 arca nandi tanpa kepala


Nandi atau Nandiswara adalah lembu yang menjadi wahana dewa Siwa dalam mitologi Hindu.Dia juga merupakan juru kunci Siwa danParvati .Candi yang mempunyai arca Nandi biasanya dikategorikan sebagai candi untuk pemujaan agama Hindu Siwa.Dia juga adalah guru dari(18 Siddha)
Penerapan nama Nandi ke banteng (Sansekerta: vṛṣabha) sebenarnya merupakan pengembangan dari abad terakhir, karena Gouriswar Bhattacharya telah mendokumentasikan dalam sebuah artikel diilustrasikan berjudul "Nandin and Vṛṣabha" Nama Nandi ini sebelumnya banyak digunakan sebagai gantinya. Untuk dewa antropomorfik yang merupakan salah satu dari dua pintu penjaga Siwa, yang lainnya adalah Mahakala. Dalam pintu abad pra-kesepuluh-kuil India Utara , Siwa sering diapit oleh gambar Mahakala dan Nandi,

 telah terdata pringapus 02

 yoni sederhana
Yoni merupakan sebuah objek cekung atau berlubang, yang melambangkan kemaluan wanita . Objek ini merupakan lambang kesuburan. Di beberapa daerah di Indonesia yoni disebut juga lesung batu karena menyerupai sebuah lesung  yang terbuat dari batu.

 umpak batu yang telah aus
Umpak merupakan dari sebuah bangunan yang berfungsi sebagai alas tiang (tiang kayu atau tiang yang lainnya). Kadang kalau Umpak juga dijadikan sebagai pondasi bangunan terutama untuk rumah tradisional ataupun penyangga tiang pendopo. Kadang juga disebut dengan Batu Sendi.
umpak atau yoni..
 Di situs wonorejo ini masih terdapat beberapa peninggalan seperti arca nandi,yoni dan sebuah batu mirip yoni atau batu umpak.
batuan yang berada di lokasi situs

 batu lesung 1

 batu lesung 2

 sisa batuan besar yang ada di sekitar situs

Di lokasi ini masih terdapat beberapa batuan besar,mungkin dulu sebagai bahan baku pembuatan arca nandi dan yoni tersebut.

 mblusuki

 batu datar

dekat dengan kantor desa dan monumen
 

berada di samping gedung desa
terimakasih atas kunjungannya,salam budaya
nb : thanks to sasadaramk atas info situsnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar