Sabtu, 21 Februari 2015

CANDI RISAN DI DESA CANDIREJO KEC SEMIN KAB GUNUNGKIDUL JOGJAKARTA

JOGJA,02 JANUARI 2015

saya di candi risan

Lokasi : desa candirejo kec.semin kab.gunungkidul yogyakarta
religion : budha

Blusukan ke selatan ini saya lakukan awal bulan Januari yang merupakan libur akhir tahun.Candi Risan ini sudah menjadi target lokasi blusukan sudah lama.Banyak info tentang candi risan ini jadi sobat tidak perlu takut kesasar untuk mengunjungi Candi Risan ini.

 
  candi risan
Sejarah : Candi RisanYogyakarta merupakan salah satu candi tertua di jawa tengah.Candi ini dibangun pada abad ke-3 dan telah ada sebelum Candi Prambanandibangun.Tidak heran jika banyak sejarahpenting terjadi di tempat ini,salahsatunya adalah peristiwa pelarian Kerajaan Majapahit dari Kota Yogyakarta ke Gunungkidul.Nama Candi Risan diambil dari kata irisan,karena letak Candi Risan berada di perbatasan Kraton Surakarta dan Yogyakarta.Candi ini ditemukan terpendam dalam tanah kapurdi sebuah pekarangan warga setempat kemudian diambil alih oleh pemerintah karena dianggap sebagai peninggalan sejarah purbakala.
arca awalokiteswara (duplikat)


Keistimewaan :
  Candi Risan Yogyakarta merupakan candi terbesar di Gunung Kidul. Artefak-artefak yang ditemukan tergolong lengkap, meskipun kini bentuknya terkesan tidak teratur dan runtuh karena umurnya yang tua. Bangunannya berukuran 13 x 13 meter dengan pintu masuk berada di sebelah barat. Di area komplek candi hanya ditemukan sebuah arca yang bernama Awalukitiswara. Arca ini pernah hilang dicuri orang, dan akhirnya ditemukan di Singapura. Sekarang arca tersebut disimpan di Badan Pelestari Peninggalan Purbakala DIY. Di komplek candi terdapat stupa yang menjadikan penanda bahwa bangunan ini digolongkan sebagai candi Budha. Pada dinding-dinding candi terdapat relief gambar sulur tanaman dan macam-macam burung. Di sekitar candi terdapat sebuah bangunan persegi yang menurut penelitian dulunya digunakan sebagai pendopo oleh para biksu untuk berdoa.

 buku kunjungan candi risan

papan pasal uu cagar budaya

papan keterangan sejarah singkat candi risan

saya dan petugas perawat candi bp.joko

bagian pintu candi risan

sebuah umpak batu

hiasan kala yang patah

bagian atas candi risan


reruntuhan batuan candi yang ada di sisi bagian selatan


batuan candi risan

hiasan makara bagian pintu masuk candi

batuan candi yang tertata rapi

suasana di candi risan 

batuan candi yang masih terpendam

Demikian blusukan di daerah gunungkidul yogyakarta semoga menjadi info yang berharga buat sobat yng suka dengan perjalanan blusukan ke situs2.
terimakasih atas kunjungannya.
SALAM BUDAYA
semua gambar : maxtristcavalera

3 komentar:

  1. candinya menarik mas..
    kemarin habis blusukan dari tempat ini..

    BalasHapus
  2. Terimakasih mas atas kunjungan di blog sederhana saya...salam candi

    BalasHapus
  3. Terimakasih mas atas kunjungan di blog sederhana saya...salam candi

    BalasHapus