Kamis, 29 Januari 2015

SITUS ARCA GANESHA

Arca Ganesha

 Semarang,Minggu 24 Januari 2015.... menindaklanjuti acara blusukan di daerah seputar Kabupaten Semarang yang sebelumnya blusukan bareng dengan rekan pencinta situs dan candi yang sudah hapal betul dengan wilayah seputaran Kabupaten Semarang,Ambarawa dan Salatiga.Blusukan bareng rekan komunitas pertama kali.Target lokasi jalan raya ke Bandungan.Dan karena wilayah lokasi blusukan tidak begitu jauh dari kota Semarang akhirnya mudah direalisasikan acara blusukan bareng yang sebelumnya janjian mendadak di tempat kerja beliau di Ambarawa.Banyak situs yang kita kunjungi dan sepertinya seperti kejar tayang dari satu situs menuju situs lainnya.Maklum memang hari itu hujan menemani selama acara blusukan di situs ini.terimakasih banyak mas Bambang,yang dengan senang hati menemani menjadi spesial guide walau dengan kondisi hujan yang sedikit membuat repot khususnya pengambilan gambar.Kamera sempat error kena tetesan air hujan dan kamera handphone sebagai cadangan juga error.Tapi cukup menyenangkan dan pastinya menjadi kenangan tersendiri.Yang saya bahas tentang payung atau arca Ganesha terlebih dahulu,karena ukuran arca ini cukup besar tidak seperti pada umumnya.silahkan di apresiasi arca Ganesha yang berhasil saya dokumentasikan di blog ini. 
Arca Ganesha dari sisi belakang

Arti Ganesha :
Ganesha merupakan Dewa Ilmu Pengetahuan yang mempunyai tangan empat.
Ganesha memiliki banyak gelar, termasuk Ganapati dan Wigneswara. Setiap nama mengandung arti berbeda-beda dan melambangkan berbagai aspek karakter dari Ganesha.

Arca Ganesha yang tanpa belalai

Diskripsi : 
Arca Ganesha ini oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama “Patung Mbah Dul Jalal”. Lokasi arca berada dekat dengan areal makam Sentono. Saat ini kondisi arca sudah mengalami kemiringan sampai 45 derajat karena tanah dibawahnya mengalami pergerakan. Kondisi arca bagian wajah rusak, belalai putus dan pergelangan tangan sebelah kiri patah, pada bagian kepala mengenakan hiasan mahkota.

 Mahkota dan rambut terurai

Dimensi : 
Ukuran   :  lebar : 105 cm
tinggi      : 195 cm
Kelliling : 430 cm
Bahan     : Batu andesit


 Hiasan mahkota Arca Ganesha

Sebuah tanda situs Arca Ganesha ini telah terdata

Lokasi : Dsn Sikunir,Bergas Lor,Kab Semarang
Religion : Hindu

Ada beberapa batuan yang sepertinya dari bagian sebuah bangunan candi.perlu penelitian lebih lanjut.berikut beberapa batuan yang ada disekitar arca Ganesha.

Batuan yang sudah lapuk dan berlumut

Batuan yang ada di sekitar

beberapa batuan berada diluar

 Saya dan Arca Ganesha

bukannya narsis tapi ini hanya menyampaikan pesan tempat ini menyenangkan 
jauh dari kesan menakutkan dan angker.

Petunjuk ke lokasi :
  1. Bila dari arah Semarang ambil jalan yang menuju ke wisata Bandungan ada di kanan jalan.dan bila dari magelang atau solo jalan ada disisi kiri.
  2. naik terus kurang lebih 500 meter ada jalan yang ke kiri,ikuti saja dan ancer2 nya ada tower salah satu operator seluler.
kurang lebih 100 meter anda akan menjumpai arca Ganesha ini tepat di pinggir jalan desa sikunir dan ada disamping kanan tower.
 
 Perlindungan pertama : pasal BCB

Perlindungan kedua : Pagar situs
 Perlindungan ketiga :Petugas penjaga situs dan pengunjung


terimakasih atas kunjungannya dan salam blusukan salam budaya.


Semua gambar diambil oleh : Max Trist Cavalera
nb: terimakasih ms SSDRMK.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar