Jumat, 30 Januari 2015

SITUS DI AREA SPBE/PENGISIAN GAS ELPIJI SEMARANG

SITUS DIWAK,BERGAS KIDUL,SEMARANG

 Situs Diwak
Lokasi : Diwak,Kenangkan,Bergas Kidul Kabupaten Semarang,Jawa Tengah,Indonesia
DIWAK….berasal dari singkatan kata dari bahasa jawa yaitu “KENDI KAWAK” yang berarti “kendi kuno”. Sebuah desa yang terletak di selatan pasar karang jati. Konon desa ini dinamakan begini karena banyak ditemukannya kendi-kendi kuno didesa ini. Tak ada yang tahu pasti berapa tua umur kendi ini. Yang jelas di Desa Diwak ini ada sebuah saksi sejarah kejayaan budaya masa silam,yaitu berupa batu kuno yang tak ternilai harganya.Dan sengaja blusukan di situs ini untuk mencari seorang teman yang belum kenal tapi saya sudah tahu.Dan kebetulan situs ini berada di dalam lokasi tempat pengisian gas elpiji dimana rekan saya bekerja.Dengan semangat asal mblusuk akhirnya terealisasi pada hari Minggu,11 Januari 2015.

Seperti sebuah yoni pasangan
Religion : Hindu

Situs Diwak dari dekat


Beberapa batu bulat dan yoni


Mas Radito rekan yang bekerja di area ini

Saya di situs Diwak


Batuan bulat 

Bersamaan dengan yoni yang boleh dikatakan tidak sempurna karena yoni ini tinggal separuhnya saja dan tersusun atas dua batu yang disatukan atau digabung tumpuk,disitu juga tampak beberapa batu berbentuk bulat dan tebal yang sepertinya berfungsi sebagai umpak dari sebuah bangunan masa silam.Dan batuan bulat ini sepertinya sengaja diletakkan demikian karena memang sering digunakan oleh beberapa sopir sopir maupun karyawan beristirahat,saat saya ingin mengambil gambar ada beberapa orang yang sedang duduk duduk dan ngobrol dengan temannya.
Batu bata dengan ukuran besar

Disalah satu sudut situs Diwak ini juga tampak beberapa batu bata kuno yang berukuran besar dan cukup tebal.Dan masih ada batuan lain yang masih terpendam di bawah akar pohon tersebut.


Saya di situs Diwak


Sebuah jalan menuju situs Diwak


Pintu utama dari jalan raya

lokasi ini tepat berada di depan pabrik PT.Teh SOSRO.cukup mudah untuk mencari lokasi ini.tetapi karena lokasi ada di dalam pabrik kita sedikit kesulitan untuk meminta ijin masuk mengabadikan gambar.dan berhubung ada teman.saya coba menanyakan teman ada keperluan dan akhirnya di temani di situs Diwak ini.

Dan setelah saya rasa sudah cukup dan sepertinya cukup lama rekan saya menemani dan bercerita banyak tentang Situs ini.saya ijin pamit.untuk menuju situs lainnya.

Demikian acara blusukan di Situs Diwak  Semarang ini,nantikan blusukan selanjutnya
terimakasih Pak satpam,Ms Radito yang dengan senang hati mengijinkan dan menemani saya selama berada di Situs Diwak.Dan lain waktu semoga bisa mampir lebih lama lagi.
dan terimakasih atas kunjungan anda.

semua gambar oleh : max trist cavalera
terimakasih ssdrmk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar