Selasa, 17 Februari 2015

ARCA NANDI DAN BATU LUMPANG DI BENDUNGSEWU KAB TEMANGGUNG

Minggu,7 Desember 2014

saya dengan view bendungsewu

Lokasi : Desa pringapus,kec Ngadirejo,Kab Temanggung
Religion : Hindu

Blusukan kali ini saya lakukan pada minggu pertama bulan Desember,tujuan kabupaten Temanggung tepatnya lokasi candi pringapus,candi perot,candi gondosuli dan situs liyangan.Memang daerah ini selain terkenal akan daerah penghasil daun tembakau kota temanggung ini juga kaya akan situs situs purbakala yang tersebar di hampir semua wilayahnya termasuk di kabupatennya.Tujuan lokasi pertama adalah Candi Pringapus yang telah saya ulas sebelumnya.Arca nandi dan batu lumpang ini saya ketahui dari info petugas penjaga candi pringapus  maaf saya lupa namanya.
Langsung saja saya meluncur ke TKP setelah berpamitan dengan petugas penjaga candi pringapus.Jarak arca nandi ini dengan candi pringapus tidak begitu jauh kira2 500meter,dan berada di tepi sebuah tempat penampungan air desa pringapus yaitu sebuah bendung yang namanya Bendungsewu.Bendung ini dibangun pada tahun 1972.


Arca nandi Bendungsewu

Arca nandi yang masih utuh

sedikit terpendam bagian alasnya

berada bersebelahan dengan batu lumpang

batu lumpang bendung sewu

Arca nandi dan batu lumpang ini diperkirakan peninggalan dari Candi Perot yang sekarang batu reruntuhannya telah dikumpulkan di depan halaman Candi Pringapus.Kemungkinan tidak mau dipindah karena suatu hal atau memang sengaja tidak dibawa ke lokasi Candi Pringapus.
Salah satu bukti kejayaan peradaban masa silam yang masih tersisa.semoga tetap lestari.
SALAM BUDAYA

terimakasih atas kunjungannya
semua gambar oleh : maxtristcavalera


Tidak ada komentar:

Posting Komentar